Cara Membuat Cimol Kering Gurih dan Nikmat

Cara Membuat Cimol Kering Gurih dan Nikmat – Cimol, makanan berbahan dasar tepung sagu ini, sangat digemari oleh masyarakat Bandung dan sekitarnya, bahkan sampai Jakarta. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa menyukai cemilan berbentuk bulat-bulat kecil ini. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang gurih cocok untuk dijadikan penggajal perut di sela-sela jam makan besar. Camilan ini dapat disantap begitu saja atau dengan diberi bumbu untuk menambah kelezatannya. Bumbu tambahannya bermacam-macam, dapat berupa bumbu kacang ataupun bumbu tabur aneka rasa seperti rasa keju, barbekyu, jagung bakar, balado, dan lainnya.

Proses pembentukan cimol adalah dengan cara membulatkan kecil-kecil adonan tepung sagu. Di Bandung, tepung sagu juga disebut “aci“. Proses membulat-bulatkan adonan aci ini biasanya disebut “gemol” oleh orang Sunda. Dari situlah nama cimol diambil, yaitu “aci digemol” atau dalam bahasa Indonesia “tepung sagu yang dibulat-bulatkan”.

Aug 2 Cimol Kering

Cara Membuat Cimol Kering

Cimol banyak dijual oleh pedagang kaki lima. Biasanya penjualnya menggunakan gerobak dan sering dijumpai di area dekat sekolah, kampus, atau pinggir jalan. Harganya relatif murah. Namun, jika anda tertarik membuat sendiri di rumah, kami rangkumkan resepnya untuk anda.


Resep ini menggunakan tepung tapioka sebagai ganti tepung sagu. Kedua tepung tersebut dapat saling menggantikan dan tekstur keduanya pun nyaris sama. Namun, warna tepung tapioka lebih putih dibanding tepung sagu. Keunggulan lainnya membuat cimol dengan memakai tepung tapioka adalah selain warnanya yang lebih cerah, tekstur cimolnya pun jadi tidak terlalu keras. Ingin segera mengetahui resepnya? Berikut daftar bahan-bahan yang diperlukan beserta cara pembuatannya.

Bahan-bahan untuk membuat cimol kering:

  • Tepung tapioka setengah bungkus, kurang lebih 250 gram
  • Tepung beras, cukup 50 gram saja
  • Air panas, sekitar 50-100 ml
  • Bawang putih sebanyak 1 sendok teh yang berasal dari 2-3 siung bawang putih
  • Garam, disesuaikan dengan selera
  • Baking powder sebanyak 1 sendok teh

Proses pembuatan cimol terdiri dari tiga tahap utama, yaitu  pembuatan adonan, pembentukan, dan pematangan. Berikut rinciannya:

  1. Siapkan wadah, isi dengan tepung tapioka, tepung beras, bawang putih, garam, dan baking powder.
  2. Aduk bahan-bahan tersebut sembari tuang air panas perlahan-lahan dan uleni sampai kalis.
  3. Setelah kalis, ambil sedikit adonan, lalu bulat-bulatkan. Lakukan sampai adonan habis.
  4. Nyalakan kompor dengan pengaturan api kecil. Goreng adonan cimol yang telah dibulatkan kecil-kecil, dengan minyak yang tidak terlalu panas dan sesekali diaduk. Langsung menggoreng adonan cimol dengan minyak yang panas dapat mengakibatkan cimol menjadi pecah.
  5. Setelah berwarna kekuningan, tandanya cimol sudah matang dan siap diangkat.
  6. Cimol siap dihidangkan. Untuk menambah selera, cimol dapat diberi tambahan bumbu kacang ataupun bumbu tabur.

Cimol terasa lebih nikmat disantap selagi hangat karena tidak terlalu kenyal saat dikunyah. Cimol juga cocok disantap dengan saus sambal botolan jika tidak tersedia bumbu kacang ataupun bumbu tabur.




Incoming search terms:

cara membuat cimol kering (molring)cara membuat cimol keringcimol keringcara membuat bumbu cimolcara membuat molringcara bikin aug2cara bikin cimol keringcara membuat dan bahan morlingresep molringtips membuat molring
Cara Membuat Cimol Kering Gurih dan Nikmat | Rizki Nur Amalia | 4.5