Cara Membuat Es Blewah Segar dan Mantap

Cara Membuat Es Blewah Segar dan Mantap – Jika anda dan keluarga ingin menikmati minuman atau sajian yang segar dan manis, jangan hanya sajikan es sirup atau es krim kemasan biasa.  Sesekali cobalah buat variasi menu yang sederhana tetapi memiliki rasa yang menggoda.  Salah satu yang bisa anda coba adalah es blewah.  Seperti namanya, es blewah terbuat dari buah blewah.  Blewah memiliki bentuk buah yang menyerupai labu.  Saat dipotong buahnya akan tercium sangat wangi.

Kali akan menghadirkan resep sekaligus Cara Membuat Es Blewah yang bisa anda dikuti di rumah.  Pemilihan blewah harus benar-benar dilakukan, agar rasa es blewah ini tidak mengecewakan nantinya.  Blewah yang masih mudah tekstur dagingnya agak keras dan baunya tidak terlalu harum.  Dari pada berlama-lama yuk silahkan saja intip bahan-bahan serta step pembuatanya.

25-cara-membuat-es-blewah

Bahan yang dibutuhkan :

  • Blewah sebanyak 250 gram
  • Sirup coco pandan secukupnya
  • Susu kental manis putih secukupnya
  • Es batu secukupnya
  • Biji selasih sebanyak 2 sdm

Cara membuat :


  1. Langkah pertama ambil dahulu buah blewah yang akan diolah. Keruk buah blewah menggunakan kerukan buah.  Anda bisa menggunakan kerukan yang berbentuk bulat atau berbentuk memanjang seperti mie.  Lakukan sampai semua buah blewah habis dan sisihkan sejenak.
  2. Untuk mengolah biji selasih kering, anda hanya tinggal memasukan biji selasih kedalam gelas. Isi dengan air hangat hingga gelas setengah penuh.  Diamkan sekitar 5-10 menit sampai biji selasih mengembang.
  3. Ambil gelas saji atau mangkuk saji yang bersih kemudian masukan beberapa sendok buah blewah tadi ke dalamnya.
  4. Tambahkan juga sedikit biji selasih ke dalam gelas saji atau mangkuk saji anda.
  5. Masukan juga potongan es batu atau es serut ke dalamnya,
  6. Guyurkan sirup coco pandan serta susu manis putih. Bila dirasa terlalu kental, anda boleh menambahkan sedikit air.  Es blewah siap untuk disajikan.

Sebagai tips untuk memilih blewah yang sudah masak atau belum yang perlu anda perhatikan adalah beratnya.  Blewah yang cukup tua dan matang memiliki masa yang lebih berat jika dibandingkan dengan buah blewah muda dengan ukuran yang sama.  Selain itu perhatikan juga sekeliling blewah, pasti ada bulu-bulu halus yang menempel di blewah.  Jika bulu-bulu masih terlalu banyak, itu artinya blewah masih terlalu muda. Semoga resep serta tips yang kami bagikan bermanfaat bagi anda, selamat mencoba.




Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *