Resep Cheese Cake Mint Coklat Lembut dan Nikmat

Resep Cheese Cake Mint Coklat Lembut dan Nikmat – Lembut dan seakan lumer di lidah adalah sensasi yang didapatkan saat menikmati cheese cake. Hidangan penutup yang berbahan dasar krim keju ini bukanlah kue sejenis bolu, namun lebih tepatnya termasuk katagori custard. Cheese cake dapat dibuat melalui proses pematangan dengan cara dipanggang ataupun tanpa dipanggang. Untuk cheese cake yang praktis dan tidak memerlukan proses pemanggangan, biasanya ditambahkan gelatin untuk memperkokoh teksturnya. Dipanggang maupun tidak dipanggang, sebelum disantap, cheese cake perlu disimpan di dalam lemari es minimal selama 4 jam.

Menurut sejarah, cheese cake dibuat pertama kali oleh bangsa Yunani kuno. Pada saat itu, cheese cake hanya terbuat dari keju lembut yang dicampur dengan telur, tepung terigu, dan madu. Seiring perkembangan zaman, cheese cake mengalami banyak modifikasi dan kreasi. Salah satunya dengan adanya tambahan buah pada topping-nya. Tak hanya itu, dari segi rasa, pada adonan cheese cake, diberi tambahan rasa seperti coklat, strawberry, mint, blueberry, dan lain sebagainya. Resep yang satu ini merupakan resep cheese cake dengan rasa mint coklat. Selain lembut, dengan adanya tambahan perasa mint, kue ini terasa semakin segar dan nikmat.

aug-42-cheese-cake-mint-coklatResep Cheese Cake Mint Coklat

Untuk membuat cheese cake mint coklat ini, anda memerlukan perlu membuat crust atau bagian dasar cheese cake dengan bahan-bahan berikut:

  • Mentega sebanyak 3 sendok makan
  • Biskuit coklat sebanyak 250 gram
  • Gula pasir sebanyak 3 sendok makan

Sedangkan untuk isian cheese cake, diperlukan bahan-bahan di bawah ini:


  • Gula pasir sebanyak ¾ cangkir atau kurang lebih 150 gram
  • Keju krim sebanyak 400 gram
  • Telur utuh sejumlah 2 butir
  • Kuning telur sejumlah 1 butir
  • Krim kental sebanyak ½ cangkir atau sekitar 115 gram
  • Tepung maizena sebanyak 5 sendok teh
  • Ekstrak vanila sebanyak 1 sendok teh
  • Perasa mint sebanyak 2 sendok teh
  • Pewarna hijau secukupnya
  • Choco chips sebanyak 1 cangkir atau sekitar 175 gram

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat cheese cake mint coklat:

  1. Sebelum membuat isian cheese cake, anda perlu membuat crust terlebih dahulu. Pertama-tama, cairkan mentega. Kemudian, hancurkan biskuit.
  2. Campur dan aduk rata mentega dengan biskuit dan gula pasir.
  3. Tempatkan di dalam loyang cheese cake yang berupa loyang bongkar pasang agar cheese cake mudah dikeluarkan ketika matang. Untuk hasil terbaik, padatkan campuran crust tersebut dengan cara ditekan-tekan.
  4. Sisihkan crust dengan cara menyimpannya di dalam lemari es.
  5. Lanjutkan membuat isian cheese cake dengan cara mencampur gula pasir dan krim keju dengan menggunakan mixer.
  6. Jika krim keju telah tercampur rata dengan gula, masukkan 2 butir telur utuh dan 1 butir kuning telur. Kemudian kembali kocok adonan.
  7. Tambahkan tepung maizena, perasa mint, ekstrak vanila serta pewarna makanan. Kemudian, kocok kembali hingga adonan benar-benar rata.
  8. Masukkan krim kental dan choco chips lalu aduk rata dengan menggunakan spatula.
  9. Setelah semua bahan tercampur rata, tuang adonan isian cheese cake ke dalam loyang yang telah beralas crust tadi.
  10. Panggang cheese cake ke dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya dengan suhu 160 derajat celcius. Untuk hasil terbaik, anda dapat menggunakan teknik au bain marie.
  11. Setelah matang, matikan api. Diamkan cheese cake di dalam oven terlebih dahulu sebelum dikeluarkan selama 1 jam.
  12. Setelah 1 jam, keluarkan cheese cake dari loyang dan tunggu hingga dingin sempurna di suhu ruang. Kemudian, dinginkan cheese cake di dalam lemari es.
  13. Setelah 4 jam, cheese cake siap dipotong dan disantap.

Untuk mempercantik cheese cake, anda dapat menambahkan hiasan di atas permukaannya dengan menggunakan kocokan krim kental, choco chip, biskuit, atau buah segar. Dengan begitu, cheese cake tak hanya nikmat, namun juga cantik tampilannya.

Membuat kue ini memang gampang-gampang susah. Banyak pemula yang mengalami kegagalan membuat kue ini. Salah satu kegagalannya adalah retaknya permukaan cheese cake. Untuk mencegah keretakan pada cheese cake, tipsnya adalah tidak memanggang cheese cake pada suhu tinggi. Suhu ideal untuk memanggang cheese cake adalah 150-160 derajat celcius. Cara lainnya adalah dengan menggunakan teknik au bain marie. Teknik au bain marie adalah teknik memanggang kue dengan cara meletakkan loyang di dalam wadah lain yang lebih besar yang berisi air. Selain mencegah retaknya permukaan cheese cake, teknik ini juga dapat membuat hasil cheese cake terlihat terang pada bagian permukaannya. Semoga tips ini berguna untuk anda. Selamat mencoba.




Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *