Resep Rengginang Terasi Renyah Enak

Resep Rengginang Terasi Renyah EnakRengginang adalah jenis cemilan yang renyah dan gurih. Rengginang sendiri terbuat dari bahan dasar berupa beras ketan yang diaron atau dimasak setengah matang kemudian diberi bumbu. Bumbu rengginang sendiri sangat sederhana seperti garam, bawang putih serta terasi. Meski begitu, rasa rengginang sangat enak dan tentu tidak mengecewakan.

Tidak hanya sebagai cemilan, rengginang juga bisa dinikmati sebagai teman makan pengganti kerupuk. Resep Rengginang Terasi kami berikan bagi anda yang belum pernah membuat rengginang terasi, sekali coba dijamin anda akan ingin membuatnya lagi.

36-resep-rengginang-terasi

Resep Rengginang Terasi

Bahan yang dibutuhkan :

  • Beras ketan putih sebanyak 3 liter
  • Kaldu bubuk instan sebanyak 11 gram
  • Bawang putih sebanyak 5 siung
  • Ketumbar bubuk sebanyak 1 sdt
  • Terasi sebanyak 1 sdt
  • Air secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara Membuat Rengginang Terasi

  1. Langkah pertama ambil bawang putih, kupas dan kemudian haluskan serta masukan ke dalam wadah yang berukuran agak besar.
  2. Di dalam wadah tadi tambahkan juga bumbu-bumbu lain seperti ketumbar bubuk, terasi, garam dan kaldu bubuk instan. Aduk-aduk semuanya hingga semua bahan menyatu sempurna dan sisihkan sejenak.
  3. Sekarang ambil beras ketan dan masukan ke dalam wadah bersih. Cuci beras ketan hingga bersih di bawah air mengalir selama 3 kali.  Pastikan bahwa tidak ada lagi kotoran yang menempel pada ketan.
  4. Jika sudah bersih beri air sampai beras ketan bisa terendam. Dan diamkan selama kira-kira 2-3 jam. Perendaman ini berfungsi untuk membuka pori-pori yang ada di dalam beras agar dapat empuk serta lebih cepat matang saat memasuki proses pematangan selanjutnya.
  5. Jika sudah di rendam, buang air yang ada di dalam baskom tadi dan tiriskan hingga beras agak kering.
  6. Masukan beras ke dalam wadah yang berisi bumbu dan aduk-aduk. Pastikan bahwa beras ketan berbalut bumbu dengan sempurna.
  7. Berikan sedikit air panas ke dalam baskom tadi sebanyak 50 mili liter dan aduk-aduk.
  8. Diamkan atau istirahatkan beras ketan dan bumbu tadi selama lebih kurang 30-45 menit. Ini bertujuan agar bumbu meresap dan ketan memiliki rasa yang gurih serta legit saat digoreng,
  9. Panaskan kukusan dengan api sedang sampai mendidih kemudian kukus beras ketang tadi hingga lembut sekitar 30 menit, matikan api dan angkat.
  10. Ambil 2 sampai 3 sendok ketan yang panas tadi dan cetak menggunakan cetakan bundar agar bentuk nya rapi. Letakan pada tampah anyaman bambu atau wadah berbentuk lainnya. Beri jarak satu sama lain agar rengginang tidak menempel.  Lakukan sampai seluruh adonan habis.
  11. Jemur rengginang tadi di bawah sinar matahari terik sampai benar-benar kering. Proses ini memerlukan waktu 2 sampai 3 hari disesuaikan dengan keadaan. Pastikan bahwa rengginang anda benar-benar kering agar dapat mekar dan merekah saat di goreng.
  12. Siapkan wajan yang bersih dan tuang minyak ke dalamnya. Panaskan dengan api sedang sampai minyak betul-betul panas.  Goreng rengginang sampai matang dan kuning keemasan.  Angkat, tiriskan dan rengginang nasi siap untuk disajikan.

Sebagai tips, agar hasil rengginang benar-benar renyah dan garing, pastikan bahwa rengginang benar-benar sudah kering saat akan di goreng. Rengginang yang masih basah dan digoreng akan alot dan tidak mekar sehingga tampilannya akan kurang cantik. Tidak hanya menggunakan ketan putih, variasikan rengginang terasi menggunakan ketan hitam.

Incoming search terms:

resep rengginang terasicara membuat rengginang terasibikin rengginang terasicara bikin rengginang terasicara bikin renginangcara membuat rengginangresep rengginang terasi renyahresep renginang terasi
Resep Rengginang Terasi Renyah Enak | Syella Zaneta Poetri | 4.5