Resep Sate Ulat Sagu Khas Papua Enak

Resep Sate Ulat Sagu Khas Papua EnakUlat sagu adalah hewan lunak yang bisa terdengar menggelikan bagi sebagian orang.  Padahal banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan ulat sagu sebagai bahan makanan yang memiliki cita rasa nikmat, lezat dan tentu saja penuh gizi.  Tidak heran jika saudara kita di kawasan Indonesia bagian timur seperti Papua misalnya sangat gemar mengonsumsi ulat sagu terutama sebagai lauk ataupun camilan yang sehat.

Ulat sagu memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh anda.  Salah satu olahan ulat sagu adalah sate ulat sagu.  Bagi anda yang ingin mencicipi nikmatnya sajian yang satu, silahkan coba untuk mempraktikan Resep Sate Ulat dibawah ini. Sebenarnya ulat sagu bisa dimakan hidup-hidup tetapi jika diolah menjadi sate, tentu anda tidak bisa menolak kelezatanya bukan?

Resep Sate Ulat Sagu Khas Papua

30-resep-sate-ulat-sagu

Bahan yang dibutuhkan :

Advertisement
  • Ulat sagu secukupnya
  • Jeruk nipis sebanyak 1 buah, ambil airnya
  • Tusuk sate secukupnya

Sambal kecap :

  • Kecap manis sebanyak 5 sdm
  • Bawang merah sebanyak butir
  • Bawang putih sebanyak 2 siung
  • Cabai rawit merah sebanyak 5 buah

Cara Membuat Sate Ulat Sagu

  1. Langkah pertama siapkan ulat sagunya. Ambil ulat sagu kemudian cuci dibawah air mengalir lalu tiriskan.
  2. Masukan ulat sagu pada wadah bersih dan masukan air jeruk nipis kedalamnya. Aduk-aduk hingga jeruk ulat berabalut air jeruk.
  3. Ambil 1 buah tusuk sate dan tusukan beberapa ulat sagu. Lakukan sampai ulat sagu habis dan sisihkan sejenak.
  4. Siapkan alat pembakaran berupa arang atau grill pan dan panaskan.
  5. Bakar ulat sagu tadi diatas panggangan sampai matang. Jangan lupa untuk membolak-balik sesekali agar ulat sagu matang sempurna.  Jika sudah berwarna kuning keemasan segara angkat dan sisihkan.
  6. Untuk membuat sambal kecap cukup mudah, pertama iris dahulu bawang merah, bawang putih serta cabai rawit sesuai selera dan masukan ke dalam wadah.
  7. Tambahkan kecap manis dan aduk-aduk. Sambal kecap siap disajikan dengan sate ulat sagu.

Ulat sagu memiliki tekstur yang sangat gurih dan kenyal.  Untuk menghilangkan bau sekaligus menambah rasa anda bisa mencampurkan sedikit garam halus serta lada bubuk bersama air jeruk nipis dan aduk-aduk ulat sagu sebelum ditusuk.  Sebaiknya membakar ulat sagu tidak boleh terlalu lama agar bagian dalam ulat tetap lembut dan tidak gosong.  Selain dengan sambal kecap, ulat sagu juga bisa dimakan dengan sambal bawang serta nasi hangat, selamat mencoba.

Incoming search terms:

resep dawet enakkue ulat saguresep kue ulat saguresep sate saguresep sate ulat saguresep ulat saguresep ulat sagu kenresep ulat sagu lembut

Artikel Terkait

Resep Sate Ulat Sagu Khas Papua Enak | Syella Zaneta Poetri | 4.5