Resep Singkong Thailand Lumer dan Nikmat

Resep Singkong Thailand Lumer dan Nikmat – Masih saja ada yang beranggapan kalau singkong adalah makanan kelas bawah.  Padahal dengan sedikit kreatifitas dan modifikasi, singkong juga bisa menjadi hidangan mewah yang tentu saja mengundang selera makan.  Singkong yang merupakan salah satu jenis umbi bisa diolah menjadi jenis makanan yang bisa menjadi sumber karbohidrat dan alternatif bagi anda yang sedang berdiet.  Tidak hanya direbus atau digoreng, singkong bisa dibuat menu dessert yang lezat.

Singkong Thailand adalah salah satu olahan singkong yang beda dari biasanya. Singkong disandingkan dengan kuah yang gurih sehingga berpadu dengan sempurna.  Kali ini kami akan memberikan Resep Singkong Thailand Lumer di mulut.  Sebagai tips pilihlah singkong yang memiliki kulit ari berwarna agak pink dan gampang dikupas.  Ini merupakan ciri-ciri singkong yang lebih empuk dan merekah saat diolah.  Jadi sudah siap untuk membuat masakan yang satu ini?

5-resep-singkong-thailand

Resep Singkong Thailand

Bahan yang dibutuhkan :


  • Singkong atau ketela sebanyak 800 gram
  • Daun pandan sebanyak 2 lembar
  • Vanili bubuk sebanyak 1 sdt
  • Gula pasir sebanyak 200 gram
  • Garam halus sebanyak ½ sdt
  • Air putih sebanyak 1500 ml

Bahan untuk saus :

  • Santan kelapa sebanyak 500 ml, jangan terlalu encer
  • Daun pandan sebanyak 2 lembar, ikat simpul
  • Tepung maizena sebanyak 1 sdm, larutkan dengan air sebanyak 2 sdm
  • Garam halus sebanyak 1 sdt

Bahan toping atau taburan :

  • Santan kelapa kental secukupnya
  • Keju cheddar sebanyak 100 gram, parut halus

Cara membuat :

  1. Langkah pertama kupas dahulu singkongnya kemudian cuci hingga bersih. Potong-potong singkong dengan ukuran yang tidak terlalu besar sekitar 4-5 cm.  Setelah itu belah singkong menjadi 2 bagian dan buang tulang umbi yang ada ditengahnya, cuci bersih dan tiriskan.
  2. Siapkan panci bersih dan isi dengan air, tambahkan singkong tadi dan rebus menggunakan api sedang.
  3. Tambahkan bahan-bahan lain seperti vanili bubuk, gula pasir putih serta garam.
  4. Masak terus hingga singkong matang dan empuk sekitar 30-40 menit. Singkong yang telah matang, ditandai dengan warnanya yang lebih bening dan air yang menyusut.  Jika sudah angkat dan tiriskan.
  5. Sekarang kita buat untuk sausnya. Siapkan panci, kemudian masukan  santan kelapa, daun pandan, larutan tepung maizena dan  garam
  6. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk hingga merata hingga mendidih, angkat dan dinginkan.
  7. Untuk penyajiannya silahkan siapkan gelas saji atau mangkuk saji. Masukan beberapa potongan singkong dan guyurkan kuah sausnya tadi.  Jangan lupa berikan bahan topping berupa santan kental serta taburan parutan keju, selamat mencoba.

Sajian singkong Thailand adalah menu penutup atau dessert, jadi tidak ada salahnya jika anda menyajikan makanan yang satu ini dalam keadaan dingin.  Simpan dahulu singkong dan saus di lemari es sebelum disajikan, selamat mencoba.




Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *